7 RAHASIA BEBAS HUTANG





"Hati-hatilah kamu dalam berhutang, sesungguhnya hutang itu
mendatangkan keseriusan di malam hari
dan menyebabkan kehinaan di malam hari"

(Sabda Rasulullah s.a.w : Riwayat Al-Baihaiqi)

Berapa pun nominalnya yang namanya hutang akan selalu membawa stress berkepanjangan, yang lebih ironis fakta menunjukan bahwa 90% orang yang berhutang disebabkan karena orang berhutang tersebut tidak bisa mengendalikan pengeluaran mereka untuk barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Maka dari hal tersebut dalam postingan kali ini saya akan mengulas 5 rahasia bebas 



1. SERIUS

Hal yang paling mendasar adalah serius, tekad yang teguh untuk melunasi hutang. Pikirkan kembali saat-saat dalam hidup Anda ketika Anda telah memutuskan untuk mengabil sesuatu yang diinginkan dan mungkin Anda berhasil hanya setelah Anda membuat keputusan sadar untuk melakukannya secara serisu, Anda akan selalu melunasi hutang Anda lebih cepat bila Anda serius tentang hal itu. Dan selalu ingat bahwa hutang sekecil apapun akan dibawa ke akhirat kelak. 


2. BUAT LIST HUTANG

Daftar hutang harus kita urutkan dari mulai yang terbesar sampai yang terkecil. Apabila hutang tersebut mengandung bunga, maka jangan lupa mencatumkan suku bunga yang berlaku tiap-tiap hutang. Daftar hutang memudahkan Anda dalam menentukan hutang mana yang menjadi prioritas utama untuk Anda lunasi.



3. BERHENTI MENGHABISKAN UANG UNTUK HAL YANG TIDAK PERLU

Sering kali kita membeli barang-barang atau kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu untuk dibeli. Maka dengan kebiasaaan itu, kita harus mengubah menset dengan cara mengentikan kebiasan menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu, dan prioritaskan dengan serius untuk melunasi hutang Anda.


4. TAMBAH SUMBER PENGHASILAN

Anda bisa menambah sumber penghasilan lain dari pendatapan utama Anda (Gaji bulanan) dengan membuka usaha sampingan dengan modal kecil atau tanpa modal, Bisa Anda kerjakan setelah Anda melakukan rutinatas pekerjaan, atau istri Anda bisa membantu dalam menjalankan bisnis sampingan Anda dalam mempercepat melunasi hutang. Salah satu ide usaha sampingan yang bisa Anda dengan dibantu istri adalah toko online dengan memanfaatkan komputer dan ponsel Anda yang memiliki jaringan internet. Toko Online juga bisa dengan tanpa modal dengan cara menjadi Dropshiper.


5. JANGAN HUTANG UNTUK BAYAR HUTANG

Saat ini kemudahan dalam membuat dan mengajukan kartu kredit semakin mudah, tetapi jangan pernah Anda menggunakan kartu kredit Anda untuk membayar hutang. Membayar hutang dengan kartu kredit bukannya menyelesaikan masalah Anda, tetapi justru akan meningkatkan hutang Anda disertai bunga yang harus Anda bayarkan. Membayar hutang dengan hutang = Bunuhd diri.


6. SIMPAN KARTU KREDIT ANDA

Kartu kredit bagi penggunanya adalah sumber hutang, maka apabila Anda memiliki kartu kredit dan sudah biasa menggunakan kartu kredit dan selalu pusing apabila limit waktu yang harus dibayar sedangkan Anda belum mampu untuk melunasinya. Maka solusi terbaik adalah simpan kartu kredit Anda dan jangan pernah pakai untuk keperluan sehari hari apalagi untuk membeli barang yang semestinya tidak perlu untuk dibeli. Pikirkan secara matang apakah perlu Anda mengeluarkan kartu kredit, apabila tidak simpan lagi kartu kredit tersebut.


7. SELALU BERDOA

Lakukan cara ini setiap Anda melakukan hal apapun termasuk dalam  menutup dan membayar hutang Anda. Doa adalah kebutuhan rohani untuk menenangkan pikiran Anda, serta selalu menyerahkan segara apa yang telah Anda kerjakan kepada Tuhan. Karena hutang yang telah Anda lunasi bukan semata Anda yang melakukannya sendiri tetapi ada Tuhan yang terlibat didalamnya.


8. JANGAN PERNAH BERNIAT BERHUTANG LAGI

Apabila hutang Anda lunas nanti, sehingga tidak ada beban yang Anda tanggung jangan pernah berniat berhutang lagi. Karena Tuhan pun akan bingung karena Anda mengulangi hal yang sama. Selalu ingat ketika Anda stress dalam membayar hutang, apabila ada kesempatan Anda bisa berhutang atau membeli barang yang bisa dicicil.


Itulah 7 Rahasia Bebas Hutang versi saya. Semoga dengan membaca artikel ini, menjadi panduan Anda dalam step by step melunasi hutang Anda. Apabila pembaca ada ide lain atau pengalam lain dalam melunasi hutang, silahkan berbagi di kolom komentar.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 RAHASIA BEBAS HUTANG "

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Total Pageviews

Powered by Blogger.