TIPS HEMAT BELANJA BULANAN RUMAH TANGGA



Belanja bulanan merupakan biaya rutin yang wajib dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam satu bulan terutama bagi ibu rumah tangga. Bisa disadari bahwa biaya rutin ini, adalah jenis kebutuhan utama yang paling besar alokasinya. 

Dalam postingan kali ini, saya akan berbagi tips berhemat belanja bulanan terutama untuk Anda ibu rumah tangga, agar Anda bisa berhemat dalam mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan primer ini.


1. Belanja di Pasar Tradisional

Supermarket yang tersedia di daerah Anda dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman merupakan suatu kemudahan dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari apalagi didalam ruangan ber AC, bersih dan teratur. Akan tetapi harga yang dibandrol biasanya sedikit mahal ketimbang produk yang sama di pasar tradisional, maka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari beralih lah belanja dipasar tradisional. Perbedaan harga sedikit pun bisa Anda sisihkan untuk biaya lain atau ditabung, walaupun sarana kenyamanan belanja berbeda dengan belanja di Supermarket.

2. Buat Daftar Belanja

Membuat list daftar belanja  (terutama daftar menu makanan), memudahkan Anda dalam mengontrol rencana belanja, mengetahui berapa perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, dan mengurangi kebiasaan membeli yang tidak perlu (yang tidak dicatat dalam daftar tersebut). Daftar belanja ini juga dapat membantu Anda berbelanja lebih cepat karena sudah tau barang apa saja yang akan dibeli.

3. Menjadi Member

Apabila Anda memutuskan untuk belanja kebutuhan di Supermarket karena alasan ketidaknyamanan berlanja, maka salah satu cara berhemat adalah menjadi member Supermarket tersebut. Karena biasanya khusus pelanggan yang memiliki kartu member akan mendapatkan diskon belanja.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon

Biasanya di Supermarket selalu mengadakan diskon harga dan harga promo produk. Apabila diskon atau promo barang tersebut terdaftar dalam list daftar belanja Anda, manfaatkan dengan baik. Karena, akan menghemat biaya dalam pembelian produk tersebut.

5. Simpan Struk Belanja

Setiap selesai belanja Anda harus menyimpan struk belanja, dan cek harga untuk memudahkan Anda dalam membuat daftar belanja berikutnya apabila salah satu item dalam struk tersebut akan Anda beli dikemudian hari.

6. Jangan Sepelekan Recehan

Sekecil apapun nilai nominal pengembalian belanja Anda jangan diremehkan, biasanya pengembalian receh ini Anda dapatkan ketika berbelanja di pasar, atau di tukang sayur keliling. Kumpulkan koin tersebut dan simpan dalam celengan khusus. Recehan yang Anda kumpulkan bisa menjadi "penolong" ketika Anda membutuhkan tambahan belanja.

7. Kurangi Gaya Hidup Anda.

Misalnya setiap hari Anda membeli daging untuk kebutuhan serapan protein Anda dan keluarga, maka Anda bisa mengganti dengan menu dari bahan lain  yang lebih murah  misalnya ikan, telur, kacang-kacangan yang bernilai gizi yang sama dengan daging. 

Nah, itulah tips hemat belanja bulanan rumah tangga. Semoga Anda menjadi manajer keuangan yang profesional dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Semoga Bermanfaat



Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "TIPS HEMAT BELANJA BULANAN RUMAH TANGGA"

  1. saat ini terdapat official promo dan diskon produk unilever di alfacart, kita bisa liat di Promo Belanja Bulanan Produk Unilever 2017

    ReplyDelete
  2. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2CEy6Fs

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya. Oiya ngomongin hemat, ternyata ada loh miliarder dunia yang sampe sekarang masih menerapkan gaya hidup hemat. Bahkan, pengeluarannya selama sebulan ga lebih dari 10 juta rupiah. Gokil sih. Nih cerita lengkapnya: Miliarder paling hemat sedunia

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Total Pageviews

Powered by Blogger.