CERDAS MENGATUR KEUANGAN







PROBLEM masalah keuangan merupakan masalah yang sering dihadapi setiap orang. Tidak jarang kita menjadi stress dalam mengatur keuangan apalagi dalam mengelola keuangan rumah tangga apalagi baru pertengan bulan, keuangan kita sudah kocar-kacir

Naiknya harga kebutuhan dan semakin meningkatkan pola hidup konsumtif sedangkan tidak sebanding dengan penghasilan kita maka kita harus mengatur keuangan tersebut dengan tips sederhana berikut :

1. Pahami tentang Portofolia Keuangan
Maksudnya adalah kita harus mengetahui biaya rutin bulanan kita seperti bayar tagihan listrik, telepon, biaya sekolah, ongkos transportasi dan lain sebagainya.

2. Catat Pengeluaran
Pencatatan pengeluaran yang kita lakukan akan memudahkan kita dalam pengeluaran-pengeluaran berikutnya. Serta dapat menjadi analisis antara jumlah pendapatan dan pengeluaran kita.

3. Hindari Hutang
Meningkatnya gaya hidup yang tidak sebanding dengan pendapatan, maka secara langsung maupun tidak langsung menimbulkan pola hidup hutang, hindari hutang apalagi uang yang kita dapatkan dari hutang digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Belajar lah pola hidup sederhana tanpa di bebani hutang.

4. Menabung
Dengan pencatatan pengeluaran kita, dapat menjadi acuan dalam menghemat pengeluaran. Sehingga hasil dari kita berhemat kita dapat menabung. Dengan tabungan kita dapat saving dan dipergunakan untuk keadaan darurat, ataupun investari dalam meningkatkan pendapatan selain dari penghasilan yang rutin kita dapatkan. Kita dapat menyisihkan 20 % dari penghasilan kita untuk ditabung.

5. Investasi
Investasi digunakan apabila kita dapat menyisihkan hasil dari pendapatan kita untuk ditabung. Investasi dilakukan untuk meningkatkan pendapatan kita misalanya membuka usaha sampingan.

Itulah tips sederjahana yang cerdas dalam mengatur keuangan kita. Semoga Bermanfaat



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CERDAS MENGATUR KEUANGAN"

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Total Pageviews

Powered by Blogger.