MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENABUNG



Mengajarkan anak untuk belajar menabung sejak anak mulai mengerti uang sangat penting. Dengan mendidik anak untuk gemar berhemat dapat memberikan dampak psikologis yang baik di masa depan. Menurut pengamat anak, Seto Mulyadi yang akrab dipanggil kak Seto mengatakan bahwa dengan menabung, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Kebiasaan menabung akan memberikan awal pembelajaran bagi anak untuk berinvestasi. "Menabung bisa mencerdaskan anak dalam hal finansial." tandas Kak Seto.

Lantas, bagaimana cara memotivasi anak gemar menabung? Berikut 6 tips sederhana kepada anak untuk menabung:

1. Berikan Celengan

Memberikan celengan adalah hal sederhana untuk memulai mengenalkan anak untuk menabung. Berikan penjelasan sederhana fungsi celengan tersebut dan manfaat yang akan anak dapatkan ketika rajin memasukan uang kedalam celangan. Sebagai menambah semangat anak, berikanlah model celengan yang dia sukai seperti bentuk binatang, bentuk tokoh kartun, bentuk mobil dan lain-lain. 

2. Sarankan anak untuk menabung dari uang saku

Dorong anak untuk menabung dengan menyisihkan uang jajannya. Berikan manfaat tentang apa yang akan didapatkan anak dengan menyisihkan uang jajannya untuk ditabung, hal ini secara tidak langsung akan mengajarkan anak tentang rasa berkorban, mengendalikan emosi anak dengan berhemat.

3. Berikan hadiah jika Anak rajin menabung

Berikan hadiah kecil  ketika anak Anda rajin menabung, bahkan ketika celengan tersebut sudah penuh Anda bisa memberikan reward khusus kepada anak. Tawarkan kepada Anak, dengan tabungannya yang sudah penuh untuk membeli yang dia inginkan, atau ditabung lagi untuk mendapatkan tabungan nilai nominal yang besar. Selalu berikan pujian setiap memasukan uangnya kecelengan sebagai motivasi dirinya selalu menabung. 

4. Bahas keuangan dengan Anak.

Ajarkan  perencanaan sederhana tentang tabungan anak. Jelaskan kepada anak bahwa dengan menabung bisa membeli segala yang diinginkan anak misalnya mainan, sepeda. Beri pemahaman tentang nominal uang, sehingga ketika anak menginginkan atau membeli mainan dia akan mengerti tentang nominal yang harus dicapai untuk membeli mainan tersebut dan meningkatkan motivasi anak untuk menabung.

5. Ajarkan untuk menghargai uang.

Jelaskan kepada anak bahwa untuk mendapatkan uang harus bekerja keras. Berikan pengertian kepada anak bahwa menabung adalah salah satu bentuk kerja keras dalam mengumpulkan uang.

6. Dorong untuk "bekerja" dirumah

Uang akan lebih bernilai saat anak belajar cara mendapatkannya. Dorong anak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil di waktu luang. Pada hari libur, menggaji anak setelah dia melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, membersihkan kaca, mengepel atau mencuci piring akan membuatnya paham sulitnya mencari uang sehingga anak akan lebih menghargai uang dengan menabung. Tak hanya itu, Anda bisa memberikan pemahaman kepada anak untuk belajar menghargai dan menghargai para pekerja, maka anak akan terhindar dari boros.

Perlu di pahami bahwa uang dan anak tidak dapat Anda ajarkan secara instan, Anda dan anak memerlukan waktu yang konsisten, Anda harus bisa mengaitkan kegiatan anak yang berhubungan dengan uang dan bagaimana cara anak mengelolanya.

Semoga Bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENABUNG"

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Total Pageviews

Powered by Blogger.