MENGATUR KEUANGAN BAGI PASANGAN BARU


Menikah adalah memulai meniti tangga kehidupan baru bersama pasangan yang Anda cintai. Setelah menikah banyak yang harus direncanakan bersama, terutama dalam mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga. Perencanaan keuangan biasanya menjadi topik utama yang Anda diskusikan,

Berikut langkah-langkah dalam menyusun keuangan keluarga untuk pasangan baru seperti dipaparkan Perencanaan Keuangan ZAP Finance Jayadin R Binaardi seperti dikutip dari situs resminya.

1. BUAT ANGGARAN

Langkah pertama adalah membuat anggaran baru bersama, jika sebelum menikah memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing, maka setelah menikah akan memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama. Diskusikan siapa saja yang menjadi sumber pemasukan dan berapa besar pengeluaran bersama dalam satu bulan, dengan begitu akan membantu Anda terhindar dari perselisihan mengenai pendapatan dan pemasukan yang sering dialamai oleh pasangan yang baru menikah.

2. DANA DARURAT

Dana darurat berfungsi sebagai 'ban serep'bagu kondisi keungan. Kejadian-kejadian yang tak terduga bisa saja terjadi dengan keluarga kita yang menyebabkan keluarnya uang yang tak pernah dianggarkan. Sebagai contohnya adalah biaya sakit, kecelakaan, kematian, bantuan keluarga dan lain-lain. Dalam hal ini, dana daruratlah yang berperan mengkover biaya-biaya tak terduga diluar anggaran yang kita buat.

3. KETERBUKAAN

Keterubukaan secara keuangan adalah hal yang wajib dilakukan dalam sebuah keluarga, karena akan diwarisi oleh pasangan kita bukan saja kekakayaan namun bisa juga mewarisi hutang. Memang sebaiknya masalah hutang dibicarakan sebelum menikag, namun jika belum dibicarakan maka segera untuk terbuka dengan menceritakan masalah hutang. Karena selain aset, utang pun dapat diwariskan. Lunasu segera utang yang bersifat konsumtif sekecil apapun itu (terutama kartu kredit), karena selain mempunyai bunga yang besar, utang konsumtif juga akan menggerogoti aset kekayaan kita. Buat komitmen untuk tidak berutang konsumtif dan lunasi tagihan kartu kredit tiap bulannya. Dan satu lagi. keterbukaan mengenai masalah keuangan salah satunya hal yang sangat penting.

4. MEMBUAT PROTEKSI ATAU ASURANSI

Langkah selanjutnya adalah memproteksi aset Anda, karena setiap aset memiliki resiko. Miliki asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, dan lain-lain. Namun pelajari dengan seksama sebelum membeli premi dari produk-produk proteksi tersebut dan paling penting adalah harus sesuai dengan kondisi kantong. Bersyukur bagi Anda yang ditanggung oleh perusahaan dimana Anda bekerja. Namun jika tidak, Anda harus melakukan sendiri terhadap aset Anda.

5. MEMBUAT TUJUAN DAN INVESTASI

Buat tujuan-tujuan keuangan keluarga Anda untuk masa depan, seperti dana pendidikan, dana pensiun, dana ibadah haji, dan liburan, dana pembelian rumah, dan lain-lain. Dan mula laih berinvestasi dari produkproduk yang Anda pahami dengan baik seperti properti, emas, reksa dana, saham, dan lain-lain. Perlu diingat bahwa saat ini dengan Rp. 100.000 saja Anda sudah berinvestasi.

6. EVALUASI SECARA BERKALA

Evaluas secara berkala bersama-sama, hal ini dimaksudkan agar arah dari keuangan keluarga tetap berjalan pada jalur dan prioritasnya. Kalau terpaksa pindah jalur, maka Anda dan pasangan Anda harus mendiskusikannya lagi.


LAKUKAN DAN FOKUS PADA APA YANG MENJADI PRIORITAS

Cara-cara tersebut tentu tidak akan bermanfaat, jika Anda hanya membacanya saja tanpa mencoba merealisasikannya bersama pasangan baru Anda. Tidak hanya sekedar melakukan, Anda dan pasangan Anda juga harus fokus pada apa yang menjadi prioritas Anda berudua. Dengan begitu, Anda tidak akan keluar jalur dan tetap pada tujuan bersama. Manfaat lain yang Anda dan pasangan Anda dapat adalah, selain keharmonisan dalam keluarga. Anda dan pasangan Anda diperkuat dengan kombinasi antara disiplin dan manfaat yang akan menjadikan pernikahan Anda sebahagia yang Anda harapkan.

Semoga Bermanfaat

dikutip dari : https://www.cermati.com/artikel/6-cara-mengelola-keuangan-bagi-pasangan-baru



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MENGATUR KEUANGAN BAGI PASANGAN BARU"

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Total Pageviews

Powered by Blogger.